Protect OUR Culture

Seperti yang sudah kita semua ketahui, Indonesia adalah negara kepulauan yang luas dan memiliki banyak suku di dalamnya. Suku-suku tersebut memiliki beragam budaya yang memiliki corak yang khas yang menjadi ciri daerah atau suku tersebut. Wujud kebudayaan di Indonesia tercermin dari berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia. Contohnya adalah rumah adat, pakaian adat, tarian daerah, lagu daerah, alat musik daerah, gambar, patung, sastra atau tulisan hingga makanan. Nilai budaya yang dimiliki oleh setiap masyarakat memiliki kekayaan yang begitu besar nilainya. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman upaya pelestariannyapun mulai luntur yang dipengaruhi oleh faktor eksternal atau internal masyarakat itu sendiri.
Melestarikan kebudayaan bukan hanya menjadi tanggung jawab generasi muda yang saat ini mungkin pengetahuannya tentang budaya Indonesia sangatlah minim, tetapi juga tanggung jawab seluruh elemen masyarakat Indonesia. Kebudayaan dapat dilestarikan dengan dua bentuk, yaitu culture experience dan culture kowledge. Culture experience merupakan pelestarian kebudayaan dengan cara terjun langsung ke dalam sebuah pengalaman kultural, contohnya jika kebudayaan tersebut berbentuk tarian maka masyarakat dianjurkan untuk belajar dan berlatih agar menguasai tarian tersebut. Sedangkan culture knowledge merupakan pelestarian budaya yang dilakukan dengan cara membuat suatu pusat informasi mengenai kebudayaan yang dapat difungsionalisasi ke dalam banyak bentuk. Tujuannya adalah untuk edukasi ataupun untuk kepentingan pengembangan kebudayaan itu sendiri dan merupakan potensi pariwisata.
Selain dua cara di atas, kita dapat melestarikan kebudayaan Indonesia dengan mengenali dan bangga terhadap budaya sendiri. Banyak diantara masyarakat Indonesia yang kini lebih menyukai budaya impor yang sesungguhnya tidak sesuai dengan budaya timur. Oleh karena masyarakat lebih menyukai budaya impor, mereka tidak berusaha melestarikan kebudayaannya sendiri. Sedangkan kebudayaan tersebut banyak menarik minat negara lain hingga negara-negara tersebut ingin memilikinya. Dalam hal ini, kebijakan pemerintah dalam urusan hak paten juga diperlukan agar kebudayaan Indonesia tidak dicuri oleh negara lain.
Oleh karena itu, marilah kita lestarikan budaya Indonesia yang beragam agar Indonesia tetap terpandang di mata dunia ^^

jangan lupa komen ya ~~

Tinggalkan komentar