Apa Kata Mereka ??

Oleh: Muhammad Zaki Al Aziiz (http://edukasi.kompasiana.com/2010/08/23/cinta-dan-pelestarian-kebudayaan-indonesia/)
CINTA DAN PELESTARIAN BUDAYA
Pernahkah terlintas dibenak kalian untuk mengetahui hal-hal menarik yang ada di indonesia, kita ketahui indonesia adalah negara yang kaya akan keaneka ragaman, termasuk didalamnya adalah kebudayaan, baik itu budaya, bahasa ataupun kesenian-kesenian daerah yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya. mungkin sebagian kalian menginginkan untuk mengetahui warisan-warisan budaya indonesia, namun hal utama yang harus ditanamkan dalam diri adalah rasa kecintaan satu terhadap keberagaman yang ada diindonesia. dengan begitu kecintaan akan budaya, seni atau apapun itu yang menyangkut tentang kebudayaan akan terwujudkan dengan baik.
Akhir-akhir ini saya sering melihat kehidupan anak-anak pada zaman sekarang yang sangat berbeda sekali dengan kehidupan masa kecil saya beberapa tahun silam. anak-anak zaman sekarang terkesan lebih modern, salah satu contohnya dengan adanya permainan game, online, ps. seperti apa yang saya lihat sehari-hari, kehidupan anak kecil sekarang jarang bermain hal-hal yang tradisional, mereka lebih tertarik untuk bermain game, internet dan lain-lainya. tidak ada permainan seperti gatrik, engkle atau sondah. siapakah yang harus beperan dalam mewujudkan semua itu kembali dibudidayakan dan dicintai oleh anak-anak penerus bangsa. Ingin rasanya untuk mengembalikan identitas semua itu, akan tetapi hal itu tidak bisa dilakukan dengan semudah membuka telapak tangan. semua itu harus melalui proses. meskipun begitu saya akan tetap berusaha untuk semua itu nyata dan bisa dipertahankan atau lebihnya bisa dikenal luas.
Kekhawatiran saya terhadap kebudayaan bertambah lebih lagi ketika mendengar berita-berita di TV bahwa salah satu musium yang ada di Yogyakarta telah kecolongan beberapa barang penting, yang dilakukan oleh sekelompok orang tak dikenal. terlintas dalam pikiran saya, bahwa dengan motivasi apa para pencuri itu membawa kabur warisan-warisan budaya yang begitu berharga. yang saya takuti dari kejadian ini adalah, rasa takut terhadap siapa para pelaku yang mencuri warisan-warisan budaya yang ada di Jogjakarta. yang saya takuti adalah yang mencurinya adalah anak bangsa indonesia sendiri, bahkan mungkin juga hal yang lebih buruk akan terjadi, salah satunya mereka menjual warisan-warisan budaya tersebut terhadap kolektor asing.
Pentingnya kecintaan kita terhadap kebudayaan akan sedikit mengurangi paceklik semua itu, dengan kecintaan akan tercipta pelestarian, dan dengan pelestarian akan menimbulkan kecintaan terhadap kebudayaan itu sendiri. berharap dengan kecintaan terhadap kebudayaan tersebut, hal-hal seperti pengklaiman budaya, peleburan budaya, tidak akan terjadi. kita wujudkan semuanya dengan cinta dan pelestarian. salam selalu persatuan untuk indonesia.

ditunggu untuk komennya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s