Artikel – Budaya Mencontek

(sumber : AKHMAD SUDRAJAT

Tindakan mencontek sudah lumrah di lakukan di Indonesia. Apalagi di kalangan pelajar ataupun mahasiswa.

cheating atau mencontek dalam wiki diartikan sebagai tindakan bohong, curang, penipuan guna memperoleh keuntungan tertentu dengan mengorbankan kepentingan orang lain.

Mencontek itu banyak contohnya .. seperti siswa atau mahasiswa yang di beri tugas untuk membuat makalah oleh guru atau dosenya, mereka pasti memanfaatkan kecanggihan teknologi yaitu internet, disayangkan mereka langsung men-copy-paste tanpa memahami isinya.. parahnya mereka tidak memberikan sumber (link) yang memuat materi tersebut.

tidak hanya copy-paste saja wujud dari mencontek. Banyak orang menduga bahwa maraknya korupsi di Indonesia sekarang ini memiliki korelasi dengan kebiasaan menyontek yang dilakukan oleh pelakunya pada saat dia mengikuti pendidikan.

Sekolah-sekolah yang permisif terhadap perilaku nyontek dengan berbagai bentuknya, sudah semestinya ditandai sebagai sekolah berbahaya, karena dari sekolah-sekolah semacam inilah kelak akan lahir generasi masa depan pembohong dan penipu yang akan merugikan banyak orang.  Secara psikologis, mereka yang melakukan perilaku nyontek pada umumnya memiliki kelemahan dalam perkembangan moralnya, mereka belum memahami dan menyadari mana yang baik dan buruk dalam berperilaku. Selain itu, perilaku nyontek boleh jadi disebabkan pula oleh kurangnya harga diri dan rasa percaya diri (ego weakness). Padahal kedua aspek psikologi inilah yang justru lebih penting dan harus dikembangkan melalui pendidikan untuk kepentingan keberhasilan masa depan siswanya. Akhirnya, apa pun alasannya perilaku nyontek khususnya yang terjadi pada saat Ujian Nasional harus dihentikan.

Bentuk kreatifitas saat mencontek. uppss .. jangan ditiru ya :p

di jempol euuyy …

toleh kanan-toleh kiri

Upss … di depan masih sempetnya nyontek .

2 pemikiran pada “Artikel – Budaya Mencontek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s