Tokoh Kita

Elizabeth Sekararum Karen, dikenal sebagi sinden londo yang berasal dari Amerika Serikat, tepatnya Chicago. Pada umur 5 tahun, Elizabeth mengikuti keluarganya pindah ke Jogjakarta karena ayahnya menjadi dosen tamu di Universitas Gadjah Mada. Ayah Elizabeth adalah seorang pecinta kebudayaan negara-negara dunia ketiga macam Indonesia. Setelah dua tahun tinggal dan bersekolah di Jogja, Elizabeth kembali ke Amerika dan sempat melupakan bahasa Jawa dan Indonesia karena terlalu lama bergaul dengan anak-anak Amerika.
Pada tahun 1990. Elizabeth kembali ke Indonesia untuk mengadakan penelitian kebudayaan. Elizabeth meneliti kebudayaan Jawa, jadi selain meneliti, dia juga mendalami kebudayaan Jawa. Elizabeth sangat antusias mempelajari kebudayaan Jawa karena hal tersebut adalah impiannya dari kecil. Saking antusiasnya, dia menggunakan sebagian besar waktunya untuk belajar bahasa. Untuk itu, dia mengoleksi kaset pelajaran bahasa Jawa. Dia juga merekam percakapan dengan teman-temannya dan memutarnya kembali di rumah untuk mempelajari bahasa Jawa. Dia tidak lelah melakukan itu semua karena dia mencintai kebudayaan Jawa.
Selain melakukan riset, Elizabeth juga mempelajari seni tradisi Jawa pada seorang dalang yang bernama Muhammad Sholeh Adi Pramono. Bersama guru privat yang akhirnya menjadi suaminya itu, Elizabeth maju pesat hingga dapat melantunkan tembang-tembang Jawa. Dan kini Elizabeth Sekararum Karen menjadi seorang sinden yang sulit dicari tandingannya. ^^

ini dia Elizabeth Sekararum Karen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s