opini – Usaha Itu Harus Ada Jaringan

USAHA ITU HARUS ADA JARINGAN

SRI LESTARI – Pengusaha Handycraft

Saya selalu ingat bahwa apapun bentuknya yang namanya usaha itu harus ada jaringan. Saya sendiri membentuk 3 jenis jaringan, yaitu jaringan permodalan yang saya daptkan dari koperasi, jaringan pendidikan, dan jaringan pasar.

Sebenarnya, semua berawal dari hobi. Sejak SMA saya hobi membuat handycraft (kerajian tangan) dan terus berlanjut sampai sekarang. Tahun 1994 saya mulai melirik permainan APE (alat permainan edukatif. Saya kemudian bertemu dengan rekan kerja yang cocok untuk mengembangkan bisang ini.Mulailah saya mebuat berbagai macam kerajinan tangan dari berbagai media, dan bahan dasar, seperi kulit telor, pasir, pelepah pisang, dan sebagainya.

Saya menyukai pekerjaan ini disbanding yang lainnya karena beberapa alasan, diantaranya bisa dikerjakan di rumah. Maka semua urusan rumah tangga juga bisa beres. Selain itu bisa juga rekreasi dan menularkanilmu kepada orang lain.

Semula masalah permodalan juga menjadi kendala bagi saya dalam memulai usaha. Teptapi kemudian saya menemukan koperasi sebagai solusinya. Saya membentuk Koperasi Bina Usaha yang kemudian menjadi pemupukan modal.

Saya selalu ingat bahwa apapun bentuknya yang namanya usaha itu harus ada jaringan. Saya sendiri membentuk 3 jenis jaringan, yaitu jaringan permodalan yang saya daptkan dari koperasi, jaringan pendidikan, dan jaringan pasar. Saya berusaha sebaik mungkin bisa bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang terkait dengan jaringan tersebut. Dengan kerjasama tersebut kendala-kendala yang muncul bisa diatasi dan usaha saya bisa berjalan dengan baik.

Untuk bisa membentuk jaringan ini yang paling dibutuhkan oleh seorang pelaku usaha seperti saya adalah bertindak pro-aktif. Misalnya saja, saya ssering diundang untuk menjadi peserta dalam sebuah pelatihan ataupun seminar, maka dalam kesempatan bertanya saya akan mengajukan pertanyaan dan memperkenalkan diri. Pada kesempata itulah saya juga bertanya bagaimana mengakses kemudahan-kemudahan informasi seperti yang disampaikan pelatihan tersebut. Dan ini saya rasakan sangat efektif, selain sebagai ajang promosi, saya juga banyak mendapatkan kontak person pentind dari acara-acara seperti itu yang kemudian hari bisa ditindaklanjuti alam bentuk kerjasama.

Selain jaringan, yang juga saya perhatikan pada masa awal berdirinya usaha ini adalah memperkenalkan produk. Awalnya saya memperkenalkan door to door , tetapi setelah mereka mengenal produk, justru mereka yang datang sendiri. Yang terpenting dalam memperkenalkan prosuk adalah menunjukkan kualitas btrang. Dan untuk masalah ini saya punya cirri khas tersendiri disbanding orang lain.

(Ummi edis Khusus, Desember 2004)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s